Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek, Brand Trust dan Celebrity Endorsment terhadap Keputusan Pembelian
DOI:
https://doi.org/10.62951/prosemnasieda.v1i2.4Keywords:
Lifestyle, Brand Image, Brand Trust, Celebrity Endorsement, and Purchasing DecisionsAbstract
This research is based on the existence of a gap phenomenon in the form of differences in research results for each variable, then there is a gap phenomenon in the form of observations of 50 skincare user respondents in Purwokerto showing that Skintific will be ranked 2nd after MS GLOW in 2023. The aim of this research is to analyze the influence of style. life, brand image, brand trust and celebrity endorsement on purchasing decisions for skincare products in Purwokerto. The population in this research is scientific consumers who buy and use in Purwokerto with a sample of 100. The data analysis method used is multiple linear regression and hypothesis testing using t test calculations. The results of this research show that Lifestyle, Brand Image, Brand Trust and Celebrity Endorsement influence purchasing decisions. From the results of this research it can be implied that skincare skintific needs to innovate its products, increase branding in the community by endorsing influencers, and provide real evidence of quality. skincare skintific.
Downloads
References
’Aini, T. M., Setyariningsih, E., & Utami, B. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Brand Trust TerhadapKeputusan Pembelian Pada Produk Handbody Scarlett (Studi Kasus PadaPengguna Handbody Scarlett Di Wilayah Mojokerto ). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(11), 1–16.
Achadi, A., Septiani, I. N., & Masita, T.E. (2021). Pengaruh Servicescape, Kualitas Layanan, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada Larissa Aesthetic Center Cabang Purwokerto. J-Mas (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(2), 460-463
Adriyati, R., & Indriani, F. (2017). Pengaruh electronic word of mouth terhadap citra merek dan minat beli pada produk kosmetik wardah. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 908-921
Bramantya, Y., & Jatra, I. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter Mx Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(3), 255237.
Dewi, nia safitri, & Prabowo, rokh eddy. (2018). "Performa Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Dan Gaya Hidup Dalam Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Minuman Isotonik (Studi Konsumen Minuman Isotonik Di Kota Semarang). Prosiding SENDI_U 2018, 2016, 711.
Dhani, M. J. P., & Agustin, S. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada MS Glow For Men. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(6).Donni Priansa. 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta
Fatmaningrum, Sakti Riana., Susato, dan Muinah Fadhilah. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea”. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi 4, No. 1 (2020): 176- 188.
Firmansyah, M. A. (2019) Pemasaran: Produk Dan Merek (Planning Dan Strategy). Surabaya: Qiara Media.
Fitrina, Hafizh, Aurinawati, Derista. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Coklat Monggo Di Yogjakarta. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, Vol. 03, No. 03
Herbst, K. C., Finkel, E. J., Allan, D., & Fitzsimons, G. M. (2012). O n the Dangers of Pullinga Fast One: Advertisement Disclaimer Speed, Brand Trust, and Purchase Intention.JournalofConsumerResearch,909-919
Kotler, P. dan Armstrong, 2012. Prinsip- Prinsip Pemasaran. Edisi 12 penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Lutfianto, Dawud, & Dkk. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Gaya Hidupterhadap Keputusan Pembelian Cafe Jalan Korea. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, Vol. 6(No.2).
Martha, L., & Maini, D. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Nmax Di Cv. Tjahaja Baru Surantih. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 1172-1192.
Nugroho, I. dwi, & Sarah, S. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Busana Muslim Merek MaliQacle). Jurnal Indonesia Membangun, 20(1), 113–126. https://jurnal.inaba.ac.id/
Nurjanah, R., Zuhaena, F., Arinastuti, A., Pahlevi, A., Setiawan, H., Suzana, A. J., & Aisya, R. H. (2022, July). Pengaruh Citra Merek, Komunikasi Merek, Kewajaran Harga dan Perceived Quality terhadap Loyalitas Merek Pasta Gigi Nasa. In Proceeding of Midyear International Conference (Vol. 1).
Ramadhani, I., & Nadya, P. S. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Fesyen Muslim Hijup. Prosiding Konferensi Nasional Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1177.
Ratnasari, M. D., Seno, A. H., & Listyorini, S. (2014). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fisip Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(2), 95-100.
Ria, U. N., & Wisnu, W. (2023). Pengaruh Korean Wave, Brand Ambassador, Brand Personality Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Body Care Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Majalah Imiah Manajemen dan Bisnis, 20(2), 36-44
Rosita, D., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 494– 505. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis. v4i4.200
Royan, Frans. M. 2004. Marketing Selebrities, Selebritis dalam Iklan dan Strategi Selebritis Memasarkan Diri Sendiri.Jakarta:Elek Media komputindo kelompok Gramedia.
Roza, J. M. G. (2022). The teacher-class relationship: investigating teachers' relationships with their classes (Doctoral dissertation, lmu).
Saputri, R. D., Suzana, A. J., Rokhayati, I., Masita, T. E., Achadi, A., Wijayanto, W., & Utomo, I. B. (2022, July). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Orindo Alam Ayu (Oriflame) di Purwokerto. In Proceeding of Midyear International Conference(Vol. 1).
Schiffman, Leon G., dan Kanuk, Leslie Lazar. 2009. Perilaku Konsumen. Alih bahasa Zulkifli Kasip. Jakarta : PT. Indeks Group Gramedia.
Sudodo, Y., & Hakim, L. 2019. Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame.Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1).
Sukmawati, Novita, S. R. E. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Sehat Soyjoy”. Jurnal Cakrawangsa Bisnis, Vol 1 No 1.
Sumarwan, U. (2014). Model Keputusan Konsumen dan Strategi Pemasaran. Modul 1. Perilaku Konsumen, 1-68.
Surachman, S. A. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Merek. Malang: Bayumedia Publishing.
Surveyandini, M., Hartiti, N., & Arinastuti, A. (2022). Analisis Keputusan Pembelian Ulang Pelanggan Yang Menggunakan Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(02), 342-352.
Suryani, N. I., & Batu, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Kota Bogor. YUME: Journal of Management, 4(2).
Tjipto, & Fandy. (2015). Strategi Pemasaran.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Publisher.
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Vidyanata, D. (2019). Peran Brand Credibility sebagai Mediasi Pengaruh Strategi Celebrity Endorsement terhadap Brand Equity.
Wijianti, A., Samari, S., & Ratnanto, S. (2022). Analisis Sosial Media, Kualitas Produk & Tingkat Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Akaos Nganjuk (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).
Wolff, C.E., Jarodzka, H., &Boshuizen, H.P.A. (2021). Classroom Management Scripts: a Theoretical Model Contrasting Expert and Novice Teachers’ Knowledge and Awareness of Classroom Events. Educational Psychology Review.33.131–148.https://p4tkipa.kemdikbud.go.id/blog/index.php/2018/06/28/tpack-framework/
Wowor, C. A., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1058-1068.